Berita

Berita

Maska: Masyarakat Perlu Optimalkan Lintas KA Makassar - Parepare

19 Agustus 2021

 

Pembangunan jalur kereta api (KA) Trans Sulawesi lintas Makassar - Parepare memasuki tahap pengoperasian. Untuk itu, Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska) mendorong masyarakat menggunakan moda transportasi tersebut.

 

Ketua Umum Maska, Hermanto Dwiatmoko menyatakan pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi lintas Makassar - Parepare sepanjang 145 km diinisiasi mulai 2001 melalui penyusunan studi Rencana Induk dan Studi Desain yang selanjutnya dimulai pembangunannya sejak 2014 melalui anggaran dari APBN dan Sebagian KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha). Pada 2021, sebagian telah dapat diselesaikan dan dioperasikan.

 

"Diharapkan pada 2022, jalur Makassar - Pare-Pare akan dapat mulai dioperasikan baik untuk angkutan penumpang maupun angkutan barang. Potensi angkutan barang dari beberapa pabrik semen untuk diangkut ke pelabuhan maupun untuk distribusi di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang saat ini menggunakan angkutan truk dapat dipindahkan ke angkutan kereta api, walaupun disadari biaya angkutan kereta api untuk jarak pendek dan jumlah sedikit kurang menguntungkan," kata Hermanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8).

 

Untuk ini, tambahnya, memandang perlu adanya kajian kebijakan apa yang harus ditempuh oleh pemerintah pusat dan daerah sehingga menarik bagi pemilik barang untuk berpindah dari moda truk ke moda kereta api, serta memberikan manfaat sebesar-besarnya pada masyarakat Sulawesi Selatan khususnya.

 

Mengingat, kata Hermanto, sudah mulai padatnya jalur jalan raya antara Makassar - Parepare maka sangat mendesak untuk pengoperasian kereta api penumpang, walaupun awalnya baru dapat dioperasikan angkutan penumpang perintis, namun dalam jangka panjang dapat dioperasikan kereta api penumpang bisnis antar kota sehingga diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat di Sulawesi Selatan dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian wilayah Sulawesi Selatan.

 

"Pengoperasian jalur Makassar - Parepare diharapkan dapat menjadi titik awal pengimplementasian UU 23 Tahun 2007 yang semangatnya mendorong terciptanya multi operator prasarana dan sarana perkeretaapian demi persaingan yang lebih sehat" katanya.

 

Di samping itu, dijelaskan Hermanto, penambahan jalur baru kereta api seyogyanya juga merupakan sarana untuk menciptakan adanya pasar baru bagi industri perkeretaapian Indonesia, baik di bidang prasarana maupun sarana perkeretaapian, serta pembukaan lapangan kerja baru. Badan Usaha Penyelenggara (BUP) Prasarana Perkeretaapian telah ditunjuk PT Celebes Railway Indonesia (PT CRI), sedangkan untuk BUP Sarana masih belum ada.

 

Sumber: https://koran-jakarta.com/maska-masyarakat-perlu-optimalkan-lintas-ka-makassar-parepare



Berita Lainnya