Berita

Berita

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Gratis Selama Uji Coba

22 November 2017

 

Jakarta - Proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) sudah hampir rampung. Bulan ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak usahanya akan melakukan soft operation.

Direktur Keuangan KAI, Didiek Hartantyo mengatakan proses pembangunan prasaran KA Basoetta akan rampung pada 25 November 2017. Setelah itu akan dilakukan uji coba.

"Kita selesaikan 25 November ini, nanti soft operation belum komersial," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Saat operasi uji coba KA Basoetta akan digratiskan hingga akhir tahun. Sehingga masyarakat umum bisa menjajal KA Basoetta tanpa mengeluarkan uang sebelum beroperasi secara normal di awal 2018.

"Kita akan lakukan seperti itu. Bisa sebulan sampai akhir tahun," imbuhnya.

Untuk tarifnya, saat ini KAI dan Railink masih mengkajinya. Namun dia menegaskan tarifnya akan lebih murah dari taksi biasa menuju Bandara Soetta, atau kurang dari Rp 100 ribu.

"Belum ditetapkan tapi kajiannya antara Rp 75-100 ribu. Sekarang kalau kita naik taksi tuh dari bandara (Soetta) ke sini kan di atas Rp 100 ribu," tambahnya.

Didiek menjelaskan, nantinya KA Basoetta akan beroperasi 80 kali pulang pergi dalam sehari. Saat jam sibuk kereta akan tersedia setiap 15 menit di setiap stasiun, sementara dalam jam lengang ketersediaan kereta sekitar 30 menit.

PT KAI menargetkan bisa memperoleh pendapatan dari KA Basoetta sebesar Rp 122 miliar di 2018 dan naik jadi Rp 557 miliar di 2019.(dna/dna)

 

Tautan Asli: https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3738046/kereta-bandara-soekarno-hatta-gratis-selama-uji-coba



Berita Lainnya